Keunggulan Gandum dan Kandungan Gizinya

1 comment
Roti terbagi menjadi dua, roti putih dan roti gandum, siapa yang tidak kenal kedua roti yang sama-sama terbuat dari gandum ini? Mengenai mengkonsumsi roti atau nasi, roti putih dan roti gandum memang cocok dijadikan sarapan atau kudapan karena memiliki kandungan energi yang lebih banyak dan kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Roti juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu karena memiliki kandungan kalsium yang hampir sama. Lantas, apa perbedaan roti putih dan roti gandum?  


Roti putih terbuat dari tepung terigu, hasil penggilingan biji gandum yang paling dalam (endosperm), roti putih memiliki tekstur lebih lembut dari roti gandum, roti putih cenderung berwarna kuning keemasan, kandungan serat pada roti putih lebih rendah dari roti gandum, dan kandungan karbohidrat dan energi pada roti putih lebih tinggi dari roti gandum. Sedangkan untuk roti gandum, terbuat dari 100% tepung gandum, hasil penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, roti gandum berwarna coklat yang berasal dari butiran-butiran kulit ari biji gandum, kulit roti lebih gelap dan kasar, kandungan serat pada roti gandum hampir enam kali lipat lebih tinggi dari roti putih, kandungan karbohidrat dan energi yang lebih rendah dari roti putih menyebabkan roti gandum baik untuk menjaga berat badan ideal dan menu pilihan untuk diet serta roti gandum memiliki efek lebih ringan pada tingkat gula darah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Roti gandum adalah roti yang dibuat dengan menggunakan gandum utuh yang digiling atau sering disebut whole wheat. Ada perbedaan rasa, aroma serta kandungan gizi dalam roti yang dibuat dengan tepung gandum dan tepung terigu. Rasa roti yang dibuat dengan gandum lebih gurih, aromanya segar, tidak menggunakan telur dan pengembang buatan. Teksturnya padat dan lembut serta membuat kita kenyang, hal ini karena tepung gandum mengandung banyak serat dibandingkan tepung terigu.

Gandum adalah sumber karbohidrat, sama halnya dengan nasi, sagu, singkong, ubi, talas dan lain-lainnya. Yang berbeda pada gandum dan beras adalah cara pengolahan dan kandungan gizinya. Seringkali orang yang menderita diabetes harus mencari sumber karbohidrat lain pengganti nasi yang tinggi glukosa. Gandum dapat menjadi salah satu pengganti nasi yang baik. Dalam 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 36 mg kalsium dengan jumlah glukosa yang rendah.

Kandungan zat besi dan kalsium yang ada dalam gandum ternyata cukup bermanfaat bagi penyembuhan beberapa jenis penyakit seperti jantung koroner dan darah tinggi. Anda yang ingin menurunkan berat badan disarankan mengkonsumsi gandum. Rasa kenyang yang ditimbulkan oleh gandum umumnya bertahan dan membuat anda bisa menekan keinginan makan lebih lama. Gandum selain mengandung serat yang tinggi juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga pencernaan berlangsung lebih lama dan efek kenyang juga menjadi lebih lama. Dengan ini serapan karbohidrat tidak berlebihan dan mengurangi resiko penumpukan lemak pada tubuh.


Seperti telah disebutkan sebelumnya, kandungan serat pada gandum adalah sangat tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini diyakini dapat mencegah serangan jantung. Serat dalam gandum berfungsi seperti penyerap kolesterol dan membuangnya dengan baik. Selain itu gandum juga mengandung senyawa fitokimia atau senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa ini juga dapat menekan resiko jantung koroner. Asam fitat dalam gandum juga dapat melindungi usus besar dari kemungkinan serangan kanker kolon. Gandum juga dipercaya memiliki antioksidan yang dapat mengikat ion radikal bebas sehingga tidak membahayakan tubuh manusia. Dibalik perbedaan roti putih dan roti gandum, kedua jenis roti tersebut juga memiliki persamaan, yaitu rasanya yang tawar. Umur simpan roti gandum juga relatif sama dengan roti putih, yakni 3-5 hari di suhu ruang.

Article by : Calista Segalita
Posted by : Alifatuz Zahrah

1 comment

Umma 26 Agustus 2017 pukul 18.37

mau tanya apakah serat kesemek dapat dijadikan tepung untuk pembuatan biskuat?

Posting Komentar