Feed Your Brain!

No comment yet


Oleh     : Afifah Nurma Sari

Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia karena menyediakan nutrisi yang penting untuk kerja tubuh.  Beberapa bahan makanan umumnya berfungsi untuk menghasilkan energi, namun beberapa diantaranya memiliki fungsi khusus seperti meningkatkan daya ingat atau lebih dikenal dengan “Brain Food”. Brain food merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga fungsi kerja otak dari risiko inflamasi dan gangguan otak. Beberapa brain food seperti pada makanan tinggi antioksidan, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan merangsang pertumbuhan sel pada otak. Berikut adalah beberapa makanan kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan otak :
§  Alpukat
Alpukat merupakan buah tinggi lemak tak jenuh, vitamin K, dan folat. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah dan menurunkan risiko demensia akibat alzheimer dan Mild Cognitive Impairement (MCI). Vitamin K dan folat pada alpukat dapat menurunkan risiko stoke karena kemampuannya dalam mencegah terjadinya penggumpalan darah pada otak. Selain itu, vitamin K dan folat juga dapat berpengaruh terhadap fungsi kognitif seperti meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 
§  Salmon
Salmon adalah salah satu jenis makanan kaya omega 3. Kandungan omega 3 pada salmon mampu menurunkan kadar beta amiloid pada darah dan baik bagi kesehatan pembuluh darah. Selain itu omega 3 pada salmon juga dapat meningkatkan daya ingat dan melindungi sel – sel otak dari kerusakan.
§  Buah berry
Strawberry, rasberry, blackberry, dan blueberry merupakan jenis buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan ini berperan penting dalam melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, buah berry juga mengandung antosantin dan fitokimia yang berfungsi dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.
§  Cokelat
Cokelat yang berasal dari kakao atau dark chocolate merupakan antioksidan dan anti-inflamasi yang baik bagi otak karena kandungan flavonolnya yang tinggi. Flavonol pada cokelat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan sirkulasi darah dari jantung ke otak. Selain itu, cokelat juga dapat meningkatkan pelepasan hormon endorfin  yang berfungsi untuk mengaktifkan reseptor otak dan sebagai stimulan alami dalam meningkatkan konsentrasi dan mood.
§  Walnut
Kandungan polifenol dan antioksidan pada walnut dapat membantu otak bekerja secara efisien. Selain itu, kandungan omega 3 pada walnut dapat melindungi sel otak dari kerusakan akibat proses oksidasi, salah satunya protein beta amiloid yang dapat menyebabkan demensia.
§  Kopi dan teh
Kopi dan teh merupakan jenis minuman yang kaya akan kafein. Kopi memiliki kemampuan untuk menghambat enzim acetylcholinesterase untuk memecah asetilkolin yang dapat menyebabkan demensia. Selain itu, teh juga mengandung theanine, substansi yang berefek positif terhadap konsentrasi dan fungsi kognitif manusia, serta memiliki khasiat neuroprotektif.
            Beberapa jenis makanan diatas merupakan nutrisi yang baik untuk otak. Saat otak mendapatkan nutrisi yang cukup maka ia mampu memaksimalkan fungsinya untuk meningkatkan fokus dan daya ingat. Brain food merupakan makananan yang kaya manfaat, tentunya dengan kombinasi makanan yang tepat dan jumlah yang seimbang.

Referensi         :


Posting Komentar