Buah Carica Buah Raja dari Dieng.

No comment yet

Bagi kalangan masyarakat mungkin nama buah ini masih asing bagi mereka tetapi ketika melihat buah ini pasti orang akan bisa menebak.Namanya buah carica,unik bukan? Dilihat dari namanya saja sudah unik dan bentuknya mirip  dengan buah pepaya namun lebih kecil dari segi ukurannya. Faktanya buah ini menjadi  oleh-oleh khas suatu daerah di kawasan dataran tinggi Jawa Tengah,Dieng. Buah carica banyak dicari oleh kalangan pemburu kuliner dikarenakan buah ini hanya tumbuh di daerah Dieng. Buah ini tergolong unik ,pada umumnya buah pepaya akan manis jika sudah matang, proses matang terjadi jika warna dari buah pepaya berubah menjadi merah muda, namun tidak dengan carica, buah ini akan tetap terasa pahit walau sudah matang, namun akan lebih manis pada bagian bijinya.

Berikut beberapa keunikan dan ciri khas dari tumbuhan ini :


Buah Carica Hanya Tumbuh di Dieng
Buah carica tumbuh di daerah pada ketinggian antara 1.500 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut. Setelah ditelusuri oleh beberapa tim ternyata buah ini berasal dari dataran Andes, Amerika. Walau rumor yang beredar bahwa tumbuhan ini hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, namun ditemukan buah serupa di daerah Bali dengan nama yang berbeda yaitu Gedang Memedi.

 Masih Keluarga Papaya
Walau masih digolongkan dalam keluarga papaya, Carica tidak mempunyai ukuran yang sama dengan keluarganya, buah ini walau ditunggu lama tidak akan menghasilkan ukuran yang besar, rasa yang berbeda dan warna saat matang juga berbeda.

Getahnya Bisa Melukai Kulit
Ternyata getah buah carica dapat melukai kulit, kulit dapat gatal dan berdarah dengan sendirinya, pisau yang sering digunakan untuk mengupas buah ini dapat terkikis oleh getahnya. Untuk itu para produsen yang mengolah produk ini selalu menggunakan kaos tangan untuk melindungi dari getah tersebut.
Dikatakan buah ini merupakan buah para dewa, yang seolah mengisyaratkan bahwa buah ini meiliki sejumlah manfaat yang besar bagi kesehatan. Buah ini mengandung sejumlah nutrisi seperti serat, vitamin E, vitamin B kompleks, enzim papain yang sangat tinggi, vitamin A, vitamin C.

Berikut Kandungan & Manfaat buah carica bagi kesehatan :

Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan
Kandungan zat enzim papain serta serat yang tinggi dalam buah carica dapat membantu proses pencernaan dan membantu membuang kotoran. Kandungan enzim papain dalam buah carica ini dapat membunuh bakteri jahat dalam usus dan menormalkan ph dalam usus. Sedangkan kandungan serat dalam buah carica dapat membantu memperlancar BAB sehingga bermanfaat untuk mereka yang mengalami sembelit atau susah BAB. Kandungan serat yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon.

Mencegah Flu
Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, pilek, hingga kanker

 Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Mencegah Serangan jantung dan Stroke
 Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

 Mempertajam Penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

Kesehatan Kulit
Buah carica ini juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. masing-masing dari vitamin ini juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan.Kandungan Vitamin C dalam buah carica sangat tinggi bahkan lebih besar di banding buah jeruk, sehingga dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan juga dapat meningkatkan kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan pada kulit wajah anda.

Vitalitas Pria
Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area mr P. Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

Antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan .

Itulah sekilas mengenai buah carica,walaupun buah ini hanya kita dapat jika kita mengunjungi daerah Dieng .Buah ini mempunyai banyak sekali manfaatmya yang berguna untuk tubuh kita.Konsumsilah buah ini untuk menjaga kesehatan kita.

Posting Komentar