Camu-Camu?

No comment yet
Ada yang sudah tau apa itu camu-camu? Benda apa itu? Apa hewan? No no no. You know camu-camu adalah buah dengan kandungan vitamin C tinggi yang verasal dari  lembah kehutanan Amazon; Peru, Brazil, Colombia, Ecuador, ‎Bolivia, Venezuela dan negara persekitarannya.  


Buah camu-camu biasa disebut dengan Cacari,Camocamo, atau Araca dan masih banyak nama lain dari buah ini. Mungkin masih banyak orang yang tidak kenal dengan buah ini,  Ia mudah tumbuh. Mampu hidup dalam iklim panas, lembab tropika, dan dingin sub-tropika. Ia perlu banyak air; banyak tumbuh meliar di tepi-tepi sungai, kawasan bertasik berpaya, bahkan di lembah banjir. Ia ‎hidup tegar, mampu bertahan terendam di dalam air sehingga 4-5 bulan. Wow keren bukan? Pohon camu-camu akan berbuah setelah 3 tahun ke atas, Buahnya bewarna merah-kehijauan, merah-keunguan seperti ceri Acerola.‎bunga berwarna putih, dan aromanya harum. Keistimewaan camu-camu ini adalah kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, Buah Camu Camu mentah mengandungi  kurang lebih 2,880 mg vitamin C setiap ‎‎100 gm, melebihi Acerola (1,790 mg). Camu Camu berada pada ranking ke-2 dunia setelah Kakadu Plum (terminalia ‎ferdinandiana) dari Australia. Seperti Acerola, kandungan Vitamin C di dalam buah Camu Camu semakin berkurangan apabila ia semakin matang atau masak ranum. Lalu camu-camu juga mengandung  kalsium, phosphorus, potassium dan besi. Dan vitamin-vitaminnya: beta-karotin, thiamin (B1), riboflavin (B2), dan niacin (B3).

Disamping itu, Camu Camu juga mengandung protein; terutama asid amino valine, leucine dan serine. Ada pun manfaat dari camu-camu yaitu :
  1.      Penghasilan dan Kesehatan Collagen
  2.     Anti-Oksidan.
  3.    Anti-Penuaan dan Kesehatan Kulit.
  4.    Anti-Keradangan
  5.    Pemampan Sistem Kekebalan Tubuh
  6.     Sistem Pengaliran Darah
  7.    Anti-Stres
  8.     Anti-Virus
  9.     Kesuburan
  10.     Penyakit Kanser
  11.    Penyakit Mata. 
  12.    Pre-eclampsia.
  13.    Perlindungan dari Kencing Manis
Itulah sekilas penjelasan mengenai apa itu buah camu-camu. Sekian terimakasih (^^)





post by : Annisa Rizka Oktavianita 

Posting Komentar