Serba Serbi Manfaat Yogurt

No comment yet
Yogurt, minuman bertekstur lembut ini kini bukan lagi minuman yang asing di lidah masyarakat Indonesia. Terbuat dari susu yang difermentasi oleh bakteri. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Bakteri yang digunakan umumnya adalah bakteri Lactobacillus caseii dan Lactobacillus bulgaricus. Bakteri tersebut berperan dalam mengubah tekstur yogurt serta meningkatkan kandungan nutrisi yogurt, sehingga yogut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 
 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yogurt.
 
1. Melancarkan pencernaan
Yogurt mengandung probiotik yang merupakan bakteri baik dalam yogurt mampu membuat keseimbangan mikroflora dalam usus, yang berperan penting dalam proses pencernaan usus dan menjaga kebugaran tubuh. Probiotik ini menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus atau organ sistem pencernaan lain. Probiotik juga membantu fungsi kerja sistem pencernaan.
2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan kalsium dan vitamin D dalam yogurt lebih tinggi dibandingkan yang terkandung dalam susu. Kalsium dan vitamin D ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Selain berkat kalsiumnya, di dalamnya juga terkandung protein lactoferrin yang berperan dalam pertumbuhan dan aktivitas sel pembangun tulang.
3. Baik untuk kesehatan kulit
Yogurt terkenal dapat menghaluskan serta menjaga kelembapan kulit karena kandungan yogurt yang kaya akan vitamin dan asam laktat. Asam laktat dalam yogurt bertindak sebagai exfoliator, yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati pada proses pergantian kulit
4. Meningkatkan imunitas
Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.
5. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi
Tak hanya kalsium, yogurt juga mengandung banyak kalium. Kandungan kalium dalam yoghurt membantu menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi yogurt dengan porsi tepat mampu mencegah atau setidaknya menurunkan risiko serangan darah tinggi dan mengurangi kolesterol dalam darah. Karena kandungan protein dalam yogurt mampu mengendalikan tekanan darah, magnesium, kadar kalsium, potasium serta efektifitas nya dalam penurunan tekanan darah dan kolesterol.

Posting Komentar