Mitos, Fakta, dan Kandungan Es Krim

No comment yet
Sumber Gambar : http://life.viva.co.id/
     Kelembutan dan rasa manis salah satu hasil olahan yang terbuat dari susu ini membuat es krim tidak hanya digemari oleh kalangan anak-anak, namun juga orang tua. Keunggulan es krim terletak di dalam bahan baku pembuatannya. Susu disebut sebagai makanan yang hampir sempurna karena mengandung zat gizi yang lengkap. Dimana susu mengandung protein dan kalsium. Selain itu dalam es krim juga terdapat vitamin dan nutrisi yang tidak kalah penting bagi tubuh. Es krim yang dikhawatirkan menjadi penyebab kegemukan ternyata memiliki kandungan lemak yang cukup kecil. 


     Terdapat 100.000 jenis molekul yang terkandung dalam susu, diantaranya air, lemak, protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A, C, dan D. Para peneliti membuktikan bahwa es krim termasuk dalam golongan pangan fungsional. Ahli teknologi pangan dan gizi, Prof Dr Made Astawan mengatakan bahwa susu mengandung beberapa komponen bioaktif yang memiliki efek kesehatan yang signifikan. Komponen bioaktif susu diantaranya adalah protein susu, laktosa, asam lemak, dan mineral (terutama kalsium). Hal ini menyebabkan produk-produk turunan susu juga masih memiliki efek fungsional, seperti halnya es krim.
     
Mitos: Es krim menyebabkan kegemukan
Fakta: Faktanya, kegemukan terjadi karena lebihnya energi dan lemak yang ada di dalam tubuh dimana diiringi dengan kurangnya aktivitas fisik. Es krim dijadikan penyebab kegemukan tidaklah benar, es krim hanya mengandung sedikit energi dan lemak yaitu hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi per hari dan 15% dari total kebutuhan lemak per hari.

Mitos: Es krim penyebab gigi berlubang pada anak
Fakta: Gigi berlubang terjadi karena proses fermentasi pada sisa karbohidrat dan gula yang menempel pada gigi. Oleh karena itu dianjurkan setelah makan makanan yang manis (tidak hanya es krim) untuk menggosok gigi atau minimal minum air putih.

Mitos: Es krim penyebab batuk dan pilek
Fakta: Penyebab utama batuk pilek adalah virus dan alergi bawaan pada anak. Sedangkan es krim sendiri cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut dikarenakan suhu tubuh yang panas. sehingga saat es krim melewati kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin saat kita memakannya.

Sekian ulasan mengenai mitos fakta dan kandungan yang terdapat dalam es krim. Semoga informasi ini dapat merubah presepsi kita mengenai es krim yang dapat menyebabkan kegemukan, es krim yang dapat menyebabkan gigi berlubang, dan es krim yang dapat menyebabkan batuk dan pilek. Dan kita mengetahui bahwa es krim tidak hanya enak namun juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Posted by : Alifatuz Zahrah

Posting Komentar