Trend Terkini Masalah Gizi

No comment yet
Semakin berkembangnya zaman semakin berkembang pula keilmuan yang ada. Sejalan dengan itu, tentu akan muncul masalah-masalah baru yang belum pernah ditemukan di masyarakat, tak terkecuali masalah di bidang ilmu gizi. Dewasa ini, di bidang gizi ada masalah yang sedang booming atau menjadi trend karena banyak ditemukan di masyarakat, yaitu masalah gizi ganda. Bernama gizi ganda karena terdapat dua masalah yang sangat berbeda, yaitu gizi buruk dan obesitas. Dua masalah tersebut menandakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya kesehatan karena belum menerapkan prinsip ilmu gizi, yaitu energy yang masuk ke dalam tubuh harus sama dengan energy yang dikeluarkan.




Di kota Dompu, Nusa Tenggara Barat, banyak anak yang menderita malnutrisi karena perilaku tidak sehat yang akhirnya menjadi kebiasaan. Misalnya, disana anak-anak sering memasukkan jari ke mulut mereka. Padahal sebelumnya mereka menggunakan jari-jari mereka untuk bermain di tanah. Seperti yang kita tahu bahwa memasukkan jari yang kotor ke mulut bisa menimbulkan penyakit diare dan cacingan. Selain itu, mereka juga terbiasa tidak sarapan karena faktor ekonomi. Sehingga tidak heran jika di Dompu banyak dijumpai anak-anak berbadan kurus dengan  perut yang buncit. Malnutrisi juga bisa terjadi pada bayi yang baru lahir, terutama bayi yang lahir dengan berat badan rendah atau biasa dikenal dengan BBLR (Berat Badan Lahir Rendah). BBLR disebabkan oleh berbagai factor, antara lain ibu yang pendek, berat badan ibu yang rendah sebelum hamil, ibu memakan makanan dengan kalori rendah,  hamil pertama sang ibu, bayi perempuan, dan penyakit malaria.

Selain malnutrisi ada masalah lain yang sangat berkebalikan, yakni obesitas. Disebut obesitas karena index massa tubuhnya di atas normal. Obesitas ada dua tipe. Tipe yang pertama disebabkan oleh makan yang berlebihan tetapi aktifitas yang dilakukan sedikit. Sedangkan tipe yang kedua disebabkan oleh penyakit. Selain itu ada juga obesitas yang dikategorikan berdasarkan pendistribusian lemak yang tidak merata sehingga lemak hanya tersimpan di bagian bagian tubuh tertentu. Yang pertama adalah abdominal obesity. Sesuai dengan namanya (abdominal), lemak banyak tersimpan di daerah perut dan punggung. Tipe ini biasa disebut apple type. Lalu yang kedua adalah limb obesity. Nama lain tipe in adalah pear type dan pada tipe ini lemak banyak tersimpan di daerah paha, lengan, kaki, dan pantat. Obesitas juga bisa memicu datangnya berbagai penyakit, mulai dari hipertensi, kolesterol, kanker, liver, jantung coroner, hingga diabetes.

Ada sebuah teori bernama The Barker Theory yang juga dikenal dengan sebutan Fetal Origins Hypothesis. Teori terseut mencetuskan bahwa penyakit jantung coroner dan penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan itu merupakan respon dari kurangnya nutrisi saat masih janin. Dari teori tersebut, muncul pernyataan bahwa 1000 hari pertama kehidupan menentukan kualitas hidup seseorang di masa depan. Itu artinya kualitas hidup saat manusia masih di dalam kandungan menentukan bagaimana kualitas hidupnya saat dewasa nanti. Oleh karena itu, komposisi tubuh wanita yang sedang mengandung memunyai efek penting bagi kesehatan bayinya.

Posting Komentar