Pemilihan Duta Makanan Sehat 2016 di SMP Mardi Putera Surabaya

No comment yet
Beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pemilihan Duta Makanan Sehat 2016 oleh divisi pengabdian masyarakat AMAZI (AsosiaiMahasiswaGizi) Universitas Airlangga. Duta Makanan Sehat (DMS) adalah salah satu program kerja tahunan dari divisi pengabdian masyarakat AMAZI (Asosiasi Mahasiswa Gizi) Universitas Airlangga. Pada tahun 2016 ini DMS mengusung tema “Gizi pada Remaja” dengan jargon Aku Siapkan Giziku untuk Masa Depanku. Kegiatan Duta Makanan Sehat dilaksanakan pada tanggal 9 dan 30 April 2016 dan bertempat di SMP Mardi Putera yang terletak di daerah Pacar kembang Surabaya, dengan sasaran siswa-siswi kelas VIII. Kegiatan DMS ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama mengenai gizi remaja dan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya gizi seimbang.
Pada tanggal 9 April 2016, acara dilaksanakan di ruang kelas VIII A dan VIII B SMP Mardi Putera Surabaya dengan acara utama pemberian materi terkait gizi serta penentuan kandidat Duta Makanan Sehat 2016. Pembukaan dimulai pada pukul 07.00 pagi dengan dipandu oleh seorang pembawa acara untuk masing-masing kelas, sebelum memasuki materi, diadakan pre test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang materi yang akan disampaikan. Materi untuk hari pertama DMS adalah 4 Pilar Gizi Seimbang dan 10 Pedoman Gizi Seimbang. Selama materi berlangsung, tidak jarang pemateri memberi pertanyaan sederhana terkait materi yang disampaikan, walaupun tidak banyak peserta yang langsung mengangkat tangan, mungkin dikarenakan malu, atau belum paham, namun ada beberapa peserta yang secara aktif dan berani mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan tersebut.  Panitia telah menyediakan hadiah sebagai penghargaan kepada peserta yang berani menjawab pertanyaan tersebut. Di sela-sela pergantian materi, terdapat ice breaking yang menyenangkan, agar para peserta tidak bosan dan kembali ceria. Selesai pemberian materi, terdapat post test yang dilanjutkan gamesHot Seat” dimana untuk satu kelas dibagi menjadi tiga kelompok dan setiap kelompok akan diwakili 4 orang untuk mengikuti games tersebut. Untuk kelompok yang menang, akan mendapat hadiah yang akan dibagi kepada seluruh anggota kelompok. Setelah games, acara yang dinanti pun tiba, yaitu pencalonan Duta Makanan Sehat 2016 dengan sistem pengajuan diri, ternyata dari masing-masing kelas terdapat 3 orang yang mengajukan diri, untuk calon Duta dari kelas A adalah Eka Aris Jayanti, Elsha Natadianti Lestari, dan Putri Anugrah, sementara calon duta dari kelas B adalah Tasya Angely Melati Sukma, Muhammad Rosyid, dan Vira Putri Wilujeng.
Tidak seperti DMS hari pertama yang dilaksanakan di ruang kelas, pada DMS kedua, yang dilaksanakan tanggal 30 April 2016, bertempat di aula bawah. Acara dibuka sekitar pukul 07.45 oleh dua pembawa acara, yaitu oleh Putri Hersya dan Masyita Resti. Pada hari kedua ini, akan dipilih Duta Makanan Sehat oleh juri berdasarkan nilai total tertinggi yang diperoleh para calon duta. Tetapi sebelum itu, ada serangkaian kegiatan yang harus diikuti peserta acara. Kegiatan yang pertama adalah games, para peserta dibagi menjadi 6 kelompok, dengan masing-masing kelompok diketuai oleh calon Duta Makanan Sehat, pembagian peserta DMS 2016 ini ke dalam beberapa kelompok dimaksudkan agar nantinya peserta bisa mengikuti games dengan mudah dan tertib. Setelah para peserta dibagi menjadi 6 kelompok, materi pun disampaikan oleh Chovinda Ayu Safitri dan Ardian Nurdianto Firman, mahasiswa S1 Ilmu Gizi Universitas Airlangga . Materi yang disampaikan adalah mengenai makanan penunjang pertumbuhan dan aktivitas remaja. Selesai pemberian materi, dilakukan ice breaking selama 10 menit guna menyegarkan otak sebelum memasuki acara berikutnya. Acara berikutnya adalah acara yang cukup mendebarkan bagi calon Duta Makanan Sehat 2016, yaitu cerdas cermat. Pada kesempatan ini, setiap calon duta mengambil satu kertas berisi pertanyaan dari dalam toples, kemudian soal akan diberikan dan dibacakan pembawa acara,lalu calon duta akan menjawab secara langsung di hadapan dewan juri. Setelah satu calon duta menjawab pertanyaan, maka calon duta yang lain akn bergilir menjawab soal yang telah didapat di hadapan dewan juri, begitu seterusnya hingga masing-masing calon duta telah menjawab 5 pertanyaan. Untuk menunggu keputusan juri siapakah yang akan menjadi Duta Makan Sehat 2016, ice breaking dilakukan kembali untuk mencairkan suasana, ice breaking kali ini bernama “ Kisah Angka-angka “, permainan yang cukup membutuhkan konsentrasi bagi para peserta.
Acara yang ditunggu-tunggu pun tiba, yaitu pemilihan dan penobatan Duta Makanan Sehat 2016. Juri telah memilih dua kandidat terbaik dan satu Duta Makanan Sehat 2016, hasil pemilihan tersebut dibacakan oleh Bapak Usman selaku kepala sekolah SMP Mardi Putera Surabaya. Sebelum membacakan hasil pemilihan kandidat terbaik dan Duta Makanan Sehat 2016, Bapak Usman menyampaikan pesan bahwa nantinya peserta, kandidat terbaik dan juga Duta Makanan Sehat 2016 mempunyai tugas untuk menyampaikan ilmu yang telah di dapat pada hari itu kepada orang lain. Kandidat terbaik akhirnya dinobatkan kepadaEka Aris Jayanti dari kelaas VIII A dan Tasya Angely Melati Sukma dari kelas VIII B, serta untuk Duta Makanan Sehat 2016 jatuh kepada Vira Putri Wilujeng dari kelas VIII B. Hadiah diserahkan oleh Bapak Usman selaku kepala sekolah SMP Mardi Putera Surabaya kepada kandidat terbaik dan Duta Makanan Sehat 2016. Khusus untuk Duta Makanan Sehat 2016, diberikan juga mahkota dan slempang sebagai tanda penghargaan.
Selaku Duta Makanan 2016 terpilih , Vira Putri Wilujeng, diberi kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesannya sebagai Duta Makanan Sehat 2016, pada kesempatan itu Vira mengucapkan terimakasih kepada panitia DMS 2016 ini, Vira juga berpesan kepada teman-temannya untuk tidak makan berlebihan, “ Teman-teman kalau makan jangan banyak-banyak ya, nanti obesitas. Kalau makan itu yang seimbang biar cantik... “ , pesan dari Vira , yang diikuti tepuk tangan meriah dari para peserta acara. Di penghujungacara, terdapat penyerahan plakat kepada Bapak Usman selaku kepala SMP Mardi Putera Surabaya sebagai apresiasi kepada SMP Mardi Putera yang telah berpartisipasi  dalam kegiatan pemilihan Duta Makanan Sehat 2016 ini, serta ditutup dengan foto bersama antara Duta Makanan Sehat 2016 dengan peserta acara.
  

Posting Komentar