Tetap Sehat di Musim Pancaroba

No comment yet


Akhir-akhir ini kondisi cuaca sering berubah-ubah tak menentu. Kadang, ketika pagi hari matahari bersinar dan langit cerah. Akan tetapi, menjelang siang hari tiba-tiba awan mendung datang dan hujan deras begitu saja. Demikian halnya dengan suhu udara. Siang hari udara terasa panas sangat panas, dan kemudian malam hari udara berubah menjadi sangat dingin.

Keadaan seperti ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kodisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan. Bukan cuma kodisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada moody untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, menjaga stamina tubuh agar tetap fit sangat perlu, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini. Jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu. Karenanya kita perlu asupan bagi tubuh agar stamina dan kondisi fisik tetap fit di masa pancaroba.
             Dr Shilpa Mittal - Ahli Gizi, Diet konsultan dan pendiri Nutrilife Health Management-Mumbai memberikan saran mengenai menjaga tubuh di musim hujan yang dapat membuat Anda terus fit, di antaranya sebagai berikut:
 

  1.     Mengonsumsi teh herbal hangat seperti teh jahe, teh lemon. teh jahe dan teh lemon dapat membantu   meningkatkan antibodi, sehingga kita tak mudah terserang penyakit.
  2.    Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah

  •    Apel

Antioksidan yang terkandung dalam satu buah apel sama dengan 1500mg vitamin C, karena itu apel dimakan sebagai sumber antioksidan dan mencegah flu datang.

  • Blackcurrant

Polifenol dan senyawa tanaman (anthocyanin) yang ditemukan dalam blackcurrant secara signifikan dapat meningkatkan sirkulasi vena. Daunnya bersifat anti-inflamasi dan detoksifikasi. Blackcurrant juga sering dimasukkan dalam komposisi resep untuk meningkatkan sirkulasi darah. Rebus 2-3 cangkir blackcurrant per hari dengan 5g daun blackcurrant kering dalam 1 liter air mendidih.

  •  Cengkeh

Cengkeh mengandung 60-90% eugenol yaitu senyawa anti-inflamasi,anti-bakteri, dan anti-nyeri. Cengkeh adalah tumbuhan yang cepat meredakan sakit gigi. Ketika gigi sakit, kunyahlah cengkeh 3-4 kali sehari sampai gigi yang sakit dicabut oleh dokter gigi. Selain dikunyah, cengkeh juga bisa dihancurkan dan dibubuhi pada gigi yang sakit tersebut.

  • Cranberries

Cranberries merupakan probiotik alami yang membantu memperbanyak bakteri baik dalam tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang terbawa dari makanan. Kandungan antioksidan pada cranberries lima kali lebih banyak dibandingkan brokoli.
            Lemon
Lemon sangat baik untuk sakit tenggorokan karena mengandung asam sitrat, vitamin C (50 mg per 100 g), bersifat anti-inflamasi dan anti-septik yang mampu melawan tonsillitis, faringitis, dan sakit tenggorokan lainnya.

  • Pepaya

Pancaroba tentu berkaitan erat dengan demam, apalagi ketika tubuh terkena air hujan dan sakit. Pepaya dapat menghindarkan tubuh dari demam. Jika ada peradangan dalam tubuh, pepaya pun baik untuk dimakan karena mengandung betakaroten, vitamin C, dan vitamin E bahkan asma pun dapat ditangkalnya.

  •  Pisang

Pisang bisa mengurangi rasa letih, depresi, stress, dan imsonia atau gangguan kesulitan tidur. Hal ini dikarenakan pisang merupakan sumber vitamin B6 tertinggi. Selain itu, kandungan magnesiumnya yang tinggi menjaga agar tulang kuat





            3.   Kurangi konsumsi goreng-gorengan.

4          4. Memasak aneka makanan dengan tingkat kematangan secara keseluruhan. Hal ini karena bila Anda    memakan makanan mentah, umumnya sering mengundang masalah kesehatan bagi Anda sendiri
 




           5.      Pengendalian diri ialah kunci bisa terus sehat dalam cuaca tak bersahabat. Hal ini karena saat hujan    tubuh sulit untuk mencerna makanan dengan cepat. Jadi Anda harus bisa mengidentifikasi makanan apa saja yang baik dan tak baik untuk kesehatan.

Referensi :



http://jaringnews.com/hidup-sehat/umum/43064/-tips-pilih-makanan-di-musim-pancaroba

http://www.sheentin.com/kesehatan/11-tips-menjaga-kesehatan-saat-musim-pancaroba.html  

Sumber Gambar :
http://img.okeinfo.net/content/2013/03/25/482/780883/JPY1nUmmBw.jpg 


Fathia Rabbani
Gizi '14

 



Posting Komentar