MIE INSTAN + NASI = ????

No comment yet
Nasi merupakan makanan pokok sebagian orang Indonesia. makan mie dengan nasi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Karena kalau kita telisik lebih jauh, mie merupakan makanan dengan banyak mengandung karbohidrat. Dan Nasi juga mengandung karbohidrat. Dalam satu porsi ukuran sedang nasi dan lauk pauk, sudah terkandung sekitar 400-an kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi mie instan. Jika satu porsi nasi ditambah mie instan menghasilkan kurang lebih sekitarn 750 kalori perporsi. 

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita di cerna akan menjadi gula dan akan menyebabkan pankreas kita menghasilkan hormon insulin. Jika kita makannya banyak dan kalorinya tinggi maka hormon insulinnya juga akan melonjak tinggi dan hal ini tidak baik, karena akan mengakibatkan pankreas kita overload atau mengalami "kelelahan" dan berakibat kerrusakan pankreas kemudian timbullah penyakit diabetes atau penyakit kencing manis. Berikut adalah tanda-tanda awal seseorang terkena diabetes
  1.             Penurunan berat badan
    Karena fungsi glukosa dalam tubuh yang kurang baik, tubuh yang membutuhkan energi akan mengambilnya dari lemak, hal ini menyebabkan penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba.
    2.      Sering buang air kecil
    Kecenderungan untuk buang air kecil yang lebih sering juga merupakan pertanda awal gejala diabetes
    3.      Sering haus
    Berkurangnya cairan di dalam tubuh menyebabkan pengidap diabetes tahap awal sering merasakan haus.
    4.      Lelah
    Kondisi tubuh menurun dan mudah lelah juga bisa menjadi tanda awal gejala diabetes
    5.      Sering lapar
    Meskipun berat badan menurun, penderita diabetes akan lebih sering makan dikarenakan salah satu tanda awal diabetes menyebabkan penderitanya lebih sering merasa lapar.
    6.      Penglihatan kabur
    Biasanya saat badan mulai lelah diiringi dengan penglihatan yang kurang fokus atau kabur.
    7.      Perubahan warna kulit
    Biasanya lebih sering ditemui terjadinya perubahan warna kulit menjadi lebih gelap di area sekitar leher.
    8.      Sering kesemutan
    Waspada jika anda sering mengalami kesemutan, karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala awal diabetes.
    9.      Waktu penyembuhan luka yang lama
    Salah satu tanda dari gejala diabetes adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka, meskipun hanya luka kecil atau luka tergores.
    10.  Infeksi Saluran kemih dan vagina
    Infeksi di saluran kemih atau vagina merupakan tanda diabetes yang muali serius akibat dari kadar glukosa tubuh yang melebihi ambang batas normal

Bahaya mengkonsumsi mie instan dengan nasi juga berpengaruh pada kegemukan dan akan menghantui kesehatan. Akibat dari percampuran karbohidrat dari nasi dan mie instan yang cukup berlebih bagi kebutuhan kalori tubuh hal ini bisa membuat indeks glikemik naik dan Gula melonjak dengan cepat.
Maka dari itu disarankan untuk tidak makan mie instan apalagi kalau dicampur dengan nasi agar masalah kegemukan dan diabetes bisa dihindari sedari dini. Lebih baik untuk menambahkan sayuran, telur dan daging untuk di konsumsi bersama  nasi dari pada dengan mie instan. Ada pula hal yang perlu diingat adalah bahwa mie instan terdapat MSG dan garam, jika mengkonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

By: Rachmahnia Pratiwi
Sumber:

Posting Komentar