Edukasi Anak Binaan Departemen Pengabdian Masyarakat HIMA TEKTRO ITS oleh Divisi Pengabdian Masyarakat AMAZI BEM FKM UNAIR

No comment yet
Edukasi merupakan pondasi dasar yang penting untuk generasi muda Indonesia. Dengan alasan tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Institut Sepuluh Nopember (HIMA TEKTRO ITS) membuat suatu program yang dinamakan Laskar Petir ITS Mengajar (LPIM) yang didalamnya melibatkan anak-anak usia TK hingga sekolah dasar. Dalam setiap kegiatannya, anak-anak tersebut dibina, baik dari segi pengetahuan, keahlian, hingga kesehatannya.
Pada minggu, 13 maret 2016, Departemen Pengabdian Masyarakat HIMA TEKTRO ITS mengundang divisi pengabdian masyarakat AMAZI BEM FKM UNAIR untuk melakukan edukasi pada anak-anak tersebut. Setelah Jatu Montazeri selaku ketua Departemen Pengabdian Masyarakat meminta izin untuk melaksanakan kegiatan pada ketua RT setempat, kegiatan edukasi anak-anak binaan dapat terlaksana. Kegiatan edukasi anak-anak binaan tersebut dilaksanakan di balai desan Kali Sari Damen dan dimulai pukul 9.30 WIB. Setelah doa bersama, kegiatan edukasi mulai dilaksanakan. Edukasi berisi tentang pentingnya cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pengertian jajanan sehat dan tidak sehat.
Acara diawali dengan perkenalan yang dipimpin oleh Amalul Arifin sebagai perwakilan dari staff pengmas HIMA TEKTRO ITS, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu cuci tangan. Pemateri (Annisa Fidya Lestari dan Susi Hidayah) meminta anak-anak untuk berdiri dan bersama menyanyikan lagu cuci tangan. Disamping bernyanyi, pemateri juga mencontohkan langkah-langkah cuci tangan yang benar. Anak-anak mengikuti peragaan cuci tangan dengan baik dan bersemangat.
            Usai menyanyikan lagu disertai peragaan langkah-langkah cuci tangan, kegiatan dilanjutkan pada pembagian FGD (Forum Group Discussion). Dalam setiap kelompok, anak-anak didampingi oleh anggota Divisi Pengabdian Maysarakat AMAZI BEM FKM UNAIR yaitu Dara Putri, Intan Amalia, Annisa Rizqi Wulandari, Hisma Zauharotun Nisa, dan Chandramanda. Dalam FGD, anak-anak kembali dijelaskan lebih detail tentang manfaat mencuci tangan. Selain itu kakak-kakak pendamping memberikan pengertian tentang jajanan sehat dengan media gambar jajanan sehat dan tidak sehat. Melalui media gambar, anak-anak dapat meliah perbedaan fisik jajanan sehat dan tidak sehat.
            Untuk menghilangkan rasa jenuh pada anak-anak, pemateri mengadakan games yang berhubungan dengan materi berupa kuis berhadiah. Kuis terdiri dari tiga pertanyaan, yaitu tentang manfaat cuci tangan, manfaat jajanan sehat, serta memperagakan kembali lagu cuci tangan. Anak-anak begitu antusias menjawab pertanyaan dari pemateri. Anak yang mampu menjawab dengan benar akan mendapatkan hadiah berupa bintang. Anak yang memiliki bintang terbanyak nantinya akan mendapatkan hadiah khusus berupa tas sekolah, sepatu atau alat tulis. Hadiah akan diberikan di akhir semester sekolah sesuai dengan program yang dibuat oleh Departemen Pengabdian Masyarakat HIMA TEKTRO ITS.
            Kegiatan dilanjutkan dengan praktik mencuci tangan, kemudian praktik makan jajanan sehat. Jajanan sehat yang disediakan berupa salad buah yang terdiri dari 3 macam buah, yaitu semangka, papaya, dan melon. Sembari anak-anak menikmati jajanan sehat, pemateri menjelaskan kandungan serta manfaat dari buah-buahan yang dikonsumsinya.  

Kegiatan edukasi berakhir pada pukul 11.30 WIB. Setelah berdoa, anggota Departemen Pengabdian Masyarakat HIMA TEKTRO ITS dan anggota Divisi Pengabdian Maysarakat AMAZI BEM FKM UNAIR menyempatkan diri mengabdikan momen berharga tersebut dengan berfoto bersama ditemani beberapa perwakilan dari anak-anak binaan. Usai foto bersama, anak-anak berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Posting Komentar